Selamat pagi bro bikers, rasanya udah lama saya gak update blog. ternyata blogku masih ada & belum dihapus sama wordpress :))

Baiklah, bro ngerasa gak kalau footstep boncenger pulsar yang sebelah kiri getarannya cukup meresahkan. saya sering diprotes nyonya, katanya kaki kirinya sering kesemutan sampai gemeteran kalau dibonceng pake pulsar, terutama kalau lagi touring saya asyik geber pulsar di 80kpj keatas. walah, gawat darurat ini.. ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Saya langsung punya ide setelah melihat di belakang footstep kiri pulsar ada lobang. entah itu apa fungsinya? kalau di kanan sih buat pegangan senalpot, nah kalau di kiri buat apa? :)) Dengan memanfaatkan lobang itu saya bereksperimen untuk memasang peredam getar setir yang ada pada hampir semua motor saat ini. dalam eksperimen ini saya pake milik bebek sejuta umat honda supra X 125. soalnya part ini paling gampang ditemui di BORMA atau di lapak-lapak aksesoris & bengkel-bengkel terdekat. dan harganya cukup terjangkau 14-15rb saja + baut panjang ukuran 10 harganya 1rb.

lepas karetnya (hitam), dan potong baut panjang sesuai kebutuhan.

OK, sekarang waktunya pasang ke TKP.. ;D

saya coba pasang seperti gambar dibawah ini, tapi ternyata kalau dipake jalan mentok ke lengan ayun.. 😦

Bongkar lagi, lalu pasang seperti gambar dibawah ini

Jadi kayak pasang barbel di footstep ya? :))

Namanya juga eksperimen yang penting fungsinya dulu, masalah tampilan nanti dipikirkan lagi gimana caranya biar gak mengganggu penampilan 😀

Barusan berangkat ngantor saya test drive, getaran footstep belakang berkurang hingga 70-80% bro.. getaran di footstep belakang nyaris hilang, tinggal dikit lagi dan tidak lagi bikin kesemutan. woh, lumayan kan :))

Tertarik ingin implementasi? monggo bro..

Atau bro punya cara lain untuk meredam getaran footstep belakang pulsar ini? monggo di share aja bro..

